Kota Malang dan Makanan

16414812390_b25e79a828_cMulai jaman prasejarah sudah naluri manusia untuk bertahan hidup, salah satunya dengan memakan sesuatu. pada jaman modern ini hal tersebut tidak berubah, dan bahkan bisa digunakan untuk memperoleh keuntungan. salah satunya dengan menjual suatu makanan kepada khalayak ramai. makanan yang sudah ada dari dulu dan turun-temurun bisa dikategorikan sebagai makanan khas suatu daerah. beberapa daerah memiliki makanan khasnya masing-masing, dan mungkin tidak ada yang sama antara satu daerah dengan yang lain. begitu halnya yang ada di kota Malang ini, banyak sekali makanan khas yang tersedia di sini dan dapat dijadikan rekomendasi untuk dinikmati.

  1. Cwie Mie

Cwie mie ini sangat mirip dengan mie ayam, yang membedakan makanan khas kota Malang ini ada taburan selada dan daging ayamnya cukup halus, ada juga taburan bawang goreng. Untuk pemberian bumbu pada daging ayam berbeda dengan pemberian bumbu mie ayam yang berwarna coklat dan manis. Dan ketikan dicampurkan ke kuah rasa makanan khas ini menjadi segar dan gurih.

2. Tempe

Tempe merupakan kuliner khas indonesia yang menjadi lauk pauk sehari hari saat kita sarapan, makan siang, dan juga makan malam. Tempe pada umumnya mempunyai kesamaan dengan tempe yang lainya, namun resep makanan khas malang ini berbeda dan membuat rasa tempe menjadi enak dan gurih.

3. Keripik Tempe dan Buah

Camilan dari kota malang yang paling cocok untuk oleh-oleh setelah wisata di malang ini adalah kripik tempe dan keripik buah. Untuk keripik buah banyak berbagai macam jemis buah seperti keripik apel kota batu, keripik nangka, keripik singkong dan camilan kripik buah lainya.

4. Orem-Orem

Orem orem adalah menu makanan ketupat yang dicampur dengan kecambah lalu disiram dengan sayur santan yang berisi tempe, lalu bisa juga ditambah dengan kecap dan sambal.

5. Menjes Malang

Menjes ini ampas tahu yg difermentasikan spt membuat tempe biasa, bentuknya balok kayak tempe biasa juga, tapi krn terbuat dari ampas tahu jadi teksturnya pun lembut empuk njes njess gituh kalo digigit. Jangan tanya nilai gizinya, pasti minimalis lah wong ampas. Biasanya digoreng dalam balutan tepung berbumbu rempeyek (kunyit, bawangputih, daunjeruk, kemiri, ketumbar) ato bisa juga digoreng berbalut tepung berbumbu mendoan (bawang putih, kencur, ketumbar). Yang pasti harus dibalut tepung karena menjes walo padat tapi spongy, sangat menyerap minyak.

 

Sumber : Boleh diklik

 

#makanan-khas, #makanan-malang